Saturday, October 18, 2014

Touring DS 34 BROMO



Halo guys, kali ini aku mau berbagi pengalaman ke gunung bromo, gunung yang mempunyai berjuta keindahan alam dan berjuta kenangan dari semua manusia (Emang punya kenangan sama siapa? wkwkw). Oke itu pertanyaan yang gak perlu di jawab! Kembali ke topik, ide ke bromo ini muncul gara gara beberapa mahasiswa teknik yang butuh refreshing  karena sudah sumpek dengan evaluasi , assistensi dan pratikum yang gak akan selesai sampai kami lulus. Rencana sih kami mau touring ke bromo tanggal 10 oktober 2014 sama satu angkatan berangkat jumat malam biar bisa lihat sunrise dan pulang sabtu, tapi mungkin gara gara naik motor , ndadak dan banyak yang weekend pulang kampung jadi cuma 15 orang yang berangkat dan sesuatu terjadi hohoho......

Kamis malam sesuatu terjadi, badanku demam, kepala pusing dan galau terjadi. Galau antara berangkat ke bromo atau istirahat dan pulang ke rumah. Sebagai laki-laki gak boleh galau lama lama dan harus buat keputusan. “Besok kalau makin parah gak berangkat”. Setelah keputusan dibuat, segera kukumpulkan sisa tenaga yang ada untuk ngacir ke minimarket terdekat alfamidi, untuk beli obat, susu dan vitamin. Katanya orang orang dulu kan kalau kita sudah berkeringat saat sakit kita sembuh. Sampai kos langsung minum yang di beli, pakai jaket, tutupan selimut dan tidur. Berharap semoga lebih baik.
Pagi harinya sprei basah 100% bukan karena mimpi loh tapi gara gara keringat yang keluar bersama dengan demam, tapi sebentar..  sakit kepalanya kok masih ada?? Ya sudalah yang penting sudah mendingan. Baru nyadar ada kuliah pagi langsung mandi, dan ke kampus. Hari itu cuma satu mata kuliah, kuliah selesai langsung ke gazebo ketemu anak anak dan ngobrolin rencana nanti malam. Selesai sholat jumat langsung balik kos dan istirahat. 

Tim Touring Diploma Sipil

Ba’da isya Jatuh, Bibib, Yunita, Egar, Hendra, Cornel, Kipli, Sinyo, Oky, Doyok, Bangkit, Riky, Ony, Mandol, Rindi, Arga, dan aku sudah siap ke bromo. Rencana habis isya mau berangkat, tapi biasalah jam indo yang ngaret dan ada temen cewek juga yang katanya ikut tapi ga jadi (Cewek memang rajanya php bro!!!, hati hati aja) Gak semua cewe php bro. Sorry sorry keceplosan, kembali ke topik. Perut sudah diisi dengan nasi goreng dan biar melek minum proman, fix Jam 20.30 kami berangkat dari Surabaya, melewati jalan A. Yani yang masih ramai kemudian ke kota sidaorjo, melewati porong atau kota yang mati. 
Kumpul kumpul sek bro
Pas kami nyampai di porong tiba tiba motor paling depan berhenti, semua rombongan bingung, “Onok opo bro lapo mandek? (buat yang gak ngerti ada apa, kenapa berhenti?)” tanya temenku, iku onok bencong gawe klambi pink golek pelanggan! Jawab dia dengan tertawa. J*ncok tak kiro onok opo, kaget kabeh kene gerutu anak anak yang gak terima berhenti gara gara bencong. Perjalanan berlanjut sampai sungai porong kami belok ke kiri arah bangil. Di bangil ini hati hati soalnya truknya kalau nyetir ugal ugalan, dan sering mainin klakson truk yang bunyinya bikin jantungan. Ketika udah mulai ninggalin jalan utama, kami lewat jalan desa, jalan udah mulai naik dan cuaca dinginnya sukses bikin demamku kumat. Sampai di pom bensin terakhir ke arah bromo kami istirahat, pantat itu rasanya udah keram dan rasanya itu gak enak banget karena udah duduk 5 jam di jok motor.
Mangan sek sakdurunge lanjut


Cari kehangatan dulu bro


cewe cewenya sudah lelah
Cuacanya sudah dingin banget padahal belum dipuncak, dengan kondisi badanku yang gak fit mau lanjut ya takut pingsan tapi gak lanjut juga sudah terlanjur kesini dan gak enak juga sama anak anak. Setelah berpikir efektif dengan mencari dengan positif dan negatif masing-masing pilihan diputuskan untuk..(ciyee anak TD wkkwkw). Gak usah di baca dia, lanjut sudah diputuskan untuk terus ke puncak karena kalau kita sudah niat dari awal dan berusaha pasti semua halangan yang muncul bisa diatasi. Kami cukup lama istirahat di pom bensin sekitar 2 jam, karena anak anak sudah pada tidur  dengan ala kadarnya ada dan memang waktu masih jam 24.00, kalau kita kesana terlalu cepat kita bisa mati kedinginan disana makanya lebih baik digunakan untuk istirahat dulu. 
Jam 2 pagi kami  sudah siap melanjutkan perjalanan, gak ada yang berani cuci muka karena memang airnya dinginnya berasa banget. Motor sudah dipanasi dan berangakt!!.
Sesampainya di pos tiket kami langsung nawar harga tiket, jadi cuma 350rb untuk 8 motor. Setelah beli tiket kami langsung lanjut ke lautan pasir yang perjuangan melewatinya bener bener sangat melelahkan. Saran aja buat yang gak kuat guncangan sama gak sabaran mending naik jeep yang disewain, walaupun mahal tapi kalian gak mati  kedinginan di lautan pasir. Modal nekat langsung tancap ke lautan pasir, aku saat ini di gonceng mas doyok yang ternyata sopir profesional. Ketika udah di lautan pasir, sering terjebak pasir jadi yang gonceng harus turun dan dorong, dan juga harus bisa jaga keseimbangan kalau gak mau nyosop pasir. Pas aku dan doyok sudah hampir nyampai penanjakkan ehh ada telepon kalau rombongan masih tertinggal jauh ke belakang. J*nck, akhirnya aku dan doyok balik lagi kebelakang nyusul rombongan ya kan berangkatnya bareng masa di tengah tengah harus pisah. Tapi kami berdua udah gak kuat lagi untuk lanjut kebelakang, akhirnya kami berhenti dan nunggu disini. Menunggu di tengah tengah lautan pasir jam 2 pagi dan Cuma berdua, kalau berdua sama cewe gpp ini berdua cowo udah kayak pasangan hom* ditengah pasir. Udah badan gak fit ditambah hawa dinginya yang udah naudzubillah. Cara menghangatkan dirinya satu satunya adalah meluk knalpot L. Setelah sejam lebih menunggu akhirnya rombongan dateng juga. Ternyata yang bikin mereka lama nyusul adalah rindi sempat hilang wkwkkwk anak anak bingung semua nyarinya dan untung aja gak lama dia ketemu. Ternyata penyebab dia hilang adalah kebelet pipis, rindi kan goncengan sama oky, si rindi izin ke oky mau pipis tapi okynya gak denger, rindi langsung turun dari motor tapi motor tetap jalan. Eh 15 menittan bangkit ngecek anak anak lengkap gak, anak anak pada panik, rindi mana?  rindi kemana? Padahal tadi dia di gonceng oky, oky juga bingung dia jugak gak tau. Akhirnya anak anak balik lagi dan untung aja rindi segera ketemu. Itu merupakan sebuah moment yang masih bisa bikin ketawa kalau ingat, kok isok lo ilang nang bromo??? Wkkwkw
Bocah yang sempet hilang

Lanjut perjalanan sampai bukit yang mau penanjakkan, disitu ada yang jualan dan ada api unggu. Anak anak langsung pada kesana sambil nentuin jadi naik atau tidak soalnya jalannya itu nanjak banget, takut motor gak kuat . Oke fix akhirnya kita naik bukit itu baru naik berapa menit motorku gak kuat, yang lain sih kuat naik soalnya beban penumpangnya gak berat. Aku doyok rindi oky ketinggalan gara gara motor gak kuat. Akhirnya aku naik motor sendirian, dan langsung minta tolong anak anak yang udah di atas kalau ada yang kuat naik. Beberapa anak turun dan nolongin yang gak kuat naik tadi.(Awalnya tadi yang gak kuat motornya naik ojek, eh dikirain sampai puncak ternyata cuma jalan 1 tikungan udah berhenti dan bayar 25k)  Akhirnya kami semua sudah ada di penanjakkan untuk lihat sunrise, semua perjuangan terbayar ketika kami melihat indahnya alam indoneseia dan kelakuan gila anak anak kumat.
Sunrise Bromo
Dingin cuma mitos!!!
matahari terbit



DS 34 di Bromo


 Setelah gila gilaan bareng di bromo kami turun sekitar jam 7 atau 6 , Gak banyak cerita perjalanan pulang karena kondisi sudah capek dan masih harus nyetir motor. Kami pas pulang mampir dulu ke musholla bukan untuk shalat tapi untuk tidur sampai panasnya matahari yang membangunkan kami, makan dulu warung deket musholla dan melanjutkan perjalanan ke surabaya.

0 comments:

Post a Comment